Mie instan memang bisa meredam rasa lapar, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apalagi dengan bumbu buatan dan pengawet kimia, maka seharusnya bisa menjadi pertimbangan besar untuk kita konsumsi terus menerus. Walau namanya instan, tapi nyatanya proses untuk dicerna dalam tubuh kita tidaklah instan. Butuh bukti? yuk simak dengan baik ulasan tentang perjalanan mie instan saat dalam pencernaan.

Sebuah eksperimen oleh Dr. Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, mengungkap kondisi perut dan pencernaan setelah kita mengonsumsi mi instan dengan menggunakan kamera seukuran pil yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Dilansir dari laman Healthy Food House, beginilah faktanya…

1. Setelah dua jam berada dalam perut, kondisi mie instan masih utuh dan nggak hancur. Lambung nggak sanggup mencernanya

Perhatikanlah video diatas, setelah mie masuk kedalam usus terlihat jelas bahwa usus sedang berusaha dengan keras untuk mencerna mie instan. Tapi, selama 2 jam mi yang sudah berada di dalam lambung tersebut hampir nggak berubah bentuknya.

Mi instan sama sekali nggak mengandung serat dan lebih banyak bahan kimianya, sehingga memberi banyak beban pada sistem pencernaan yang membuatnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dihancurkan. Akibatnya, proses penyerapan nutrisi bagi tubuh pun terganggu.

2. Selama mi instan terjebak di dalam perut, senyawa beracun yang dikandungnya, Tersier Butil Hidroksi Quinolin (TBHQ) akan terserap oleh tubuh.

racun TBHQ bakal terserap tubuh

TBHQ merupakan ampas dari hasil pengolahan petroleum dan biasanya dicantumkan dalam kemasan makanan sebagai antioksidan. TBHQ merupakan bahan kimia sintetis dengan kandungan antioksidan, tetapi bukan antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh. Bahan kimia ini akan mencegah oksidasi lemak dan minyak, sehingga awet disimpan dalam waktu yang lama sekalipun. Selain dalam makanan instan dan makanan cepat saji, TBHQ dapat pula ditemukan dalam produk-produk pestisida dan pelapis kayu, serta kosmetik dan parfum untuk mengawetkannya saat pemakaian.

TBHQ akan sangat berbahaya jika dikonsumsi sebanyak lebih dari 400 mg per kilogram berat badan seseorang. Saat TBHQ ada di dalam tubuh hingga sebanyak lima gram, TBHQ berpotensi mematikan bagi orang yang mengonsumsinya. Satu gram saja konsumsi TBHQ berpotensi sebabkan mual, muntah, tinnitus, halusinasi, sensasi seperti tercekik hingga pingsan.

Tanpa Anda sadari, hasil dari konsumsi mi instan dalam frekuensi yang tinggi sangat bisa menyebabkan terjadinya efek samping jangka panjang yang dapat merusak liver, mutasi sel, perubahan biokimia dan masalah reproduksi.

3. Bagi Wanita, Mie instan dapat menyebabkan terjadinya sindrom metabolik

risiko cewek lebih besar

Di dalam satu bungkus mi instan saja sudah mengandung 2,700 miligram sodium yang dapat menyebabkan menumpuknya lemak yang nggak sehat. Jika kita rutin mengonsumsi mie instan maka akan menghalangi terserapnya nutrisi penting seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, potassium, vitamin A, niacin dan vitamin C dibandingkan mereka yang tidak memakan mie instan sama sekali.

Inilah alasan kenapa wanita dapat dengan mudah mengalami obesitas, kenaikan tekanan darah, gula darah, triglycerides dan kadar kolesterol sehat HDL yang rendah, beberapa kelompok gejala gangguan metabolik. Jika terdapat tiga saja dari gejala-gejala tersebut yang dialami, maka risiko menderita diabetes dan penyakit jantung juga akan bertambah. Diketahui wanita 68 persen lebih berisiko dari pria.

4. Terahir Bahaya MSG atau monosodium glutamate yang tidak dapat diabaikan begitu saja

Hasil gambar untuk msg pada mie instan

MSG dapat menyebabkan disfungsi otak dan kerusakan berbagai organ. Selain itu, zat ini juga dapat menimbulkan sejumlah penyakit, seperti Alzheimer, Parkinson dan parkinson. Hal ini bisa terjadi karena kandungan MSG juga merupakan excitotoxin, sehingga dapat membuat sel-sel saraf bekerja terlalu berlebihan hingga dapat mengalami kerusakan bahkan kematian.

Perlu kita tahu bahwa MSG merupakan obat penggemuk yang paling ampuh dan sering digunakan bagi tikus-tikus laboratorium untuk kepentingan percobaan. Jika Anda ingin menjaga berat badan tetap ideal, sebisa mungkin hindari MSG.

Setelah kita mengetauhui bagaimana proses perjalanan mie instan dalam tubuh kita, semoga bisa mengambil pelajaran penting yang bisa berdampak baik untuk kesehatan kita . Dalam hadis yang disebutkan oleh Abu Bakar bin Mardawih yang meriwayatkan dari Ibnu Abbas, rosululloh bersabda:

“Saya membaca ayat, ‘Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang ada di bumi’ di dekat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Lalu Sa’ad bin Abi Waqash berdiri seraya berkata, ‘Ya Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar kiranya doaku dikabulkan.’ Maka Nabi bersabda, ‘Hai Sa’ad, perbaikilah makananmu niscaya doamu akan dikabulkan. Demi Dzat yang diri Muhammad ada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya yang memasukkan sesuap makanan haram ke dalam perut-nya, maka ibadahnya tidak akan diterima Allah selama empat puluh hari. Hamba mana saja yang dagingnya tumbuh dari barang haram dan riba, maka api neraka lebih layak untuk melahapnya.”

Yuk kita pilah dan pilih lagi makanan yang halal dan yang membawa dampak baik untuk tubuh kita. Atau bisa kita sebut makanan yang halalan toyyiban, sehingga kita sebagai wanita tau apa yang terbaik untuk keluarga kita 🙂