Banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan waktu luang kita. Waktu luang bisa menjadi modal untuk kita mengawali kebaikan atau malah sebaliknya. Pernah ngga sih pas kamu buka sosial media, yang niatnya itu Cuma pengen  membalas notifikasi pesan-pesan penting yang masuk. Pas kamu liat jam lagi ternyata 30 menit berlalu tanpa sengaja. Padahal yang kamu lakukan Cuma liat updatan status orang lain yang belum tentu memberikan efek positif buatmu.

Rosululloh telah bersabda:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, dia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

Tentunya dengan waktu luang yang kamu punya, kamu ngga maukan tertipu oleh waktu luangmu itu?  Sehingga waktumu terbuang sia-sia begitu saja, kalau gitu yuk baca 5 website yang bisa kamu buka untuk menambah kecersasanmu itu:

  1. Ibu dan Balita

Situs ini merupakan situs yang fokus terhadap ibu dan perkembangan balita. Pengguna situs ini kebanyakan adalah  produsen susu bayi. Dengan kamu membaca situs ini kamu akan mengetahui informasi seputar nutrisi, kesehatan, dan kecerdasan sang buah hati. Dan yang jelas waktu luangmu akan sangat bermanfaat, karena situs ini bukan hanya menyediakan artike saja. Pengunjung situs ibu dan balita juga dapat mengajukan pertanyaan kepada pakar yang sudah disediakan oleh pemilik situs. Lewat fitur Tanya Pakar, kamu dapat menanyakan topik seputar ibu dan anak. Dalam aitus ini juga terdapat sebuah forum yang mengizinkan interaksi antara sesama pengguna lainnya. Dengan begitu waktu luangmu bukan hanya menghasilkan ilmu yang bisa kamu realkan, tetapi bisa juga menambah kenalan dan juga relasi buat kamu.

  1. Ahli Gizi

Dari nama situs ini tentunya kamu  sudah bisa menebak, apa bahasan yang ada di situs ini? Yap betul tebakanmu situs ini merupakan situs yang berisi informasi tentang gizi yang dapat diterapkan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Informasi yang diberikan mulai dari kandungan gizi yang terdapat pada makanan, cara diet yang sehat, hingga info makanan yang baik untuk kesehatan. Peranmu sebagai manager dalam sebuah keluarga pasti akan udah mengatur apapun yang akan dimakan oleh keluargamu itu. Seperti situs ibu dan balita, situs inipun menyediakan fitur untuk kamu berkonsultasi kepada ahli gizi yang sudah di sediakan. Dalam situs ini juga menyediakan info lowongan kerja, tentu dengan waktu luangmu itu bisa dong sambil share info lowongan kerja ke yang lain?

  1. Parent Indonesia

Situs secara rutin menampilkan artikel  buatmu mengenai informasi masa kehamilan seorang ibu. Bukan Cuma tentang ibu, tapi kamu juga bisa membaca artikel mengenai perkembangan bayi. Selain membahas soal perkembangan bayi dan ibu, ada juga artikel tip dan trik. Seperti bagaimana pakaian yang baik untuk anak, hingga makanan yang sehat dan bergizi untuk anak sesuai umurnya.Ada satu hal yang unik pada situs ini. Parents Indonesia menyediakan referensi nama-nama untuk anak, beserta arti dari setiap nama tersebut.

  1. Hadis Online

Sebagai muslimah tentu tau betul, meneladai apa yang telah dicontohkan oleh rosululloh dalam hidupnya itu adalah sebuah keharusan. Oleh sebab itu tentu kamu perlu menambah ilmu yang valid dari kumpulan hadis untuk di realkan dalam kehidupanmu.  Bahkan untuk mempelajari ilmu ini bukan hanya menggunakan waktu luangmu saja tetapi kamu juga perlu waktu khusus untuk belajar lebih lanjut seputar ilmu ini.

  1. Sholiha

Menjadi seorang wanita shalihah tentu jadi idaman untuk kamu sebagai wanita ataupun laki-laki di luar sana. Diakhir zaman seperti sekarag ini tentu bukan hal mudah menjadi seorang wanita sekelas siti Siti Khadija ataupun Siti Fatimah. Shaliha.id adalah situs yang bervisi untuk mengingatkan wanita mulimah agar sadar akan “identitas” dirinya sebgai muslimah. Kamu bisa dapetin tips dan cerita inspirasi yang bisa kamu baca setiap harinya.

Yuk manfaatkan waktu luangmu untuk meng-update diri kamu. Setiap detik waktu yang kita lewati itu akan ada pertanggung jawabannya kelak di fase kehidupan yg selanjutnya. So investasikan tiap dektik yang Alloh karuniakan untuk kita dengan hal-hal ya membawa manfaat. 🙂