Sebagai seorang ibu tentu Kita ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil yang baru lahir. ASI adalah nutrisi terbaik yang bisa Kita berikan untuk si kecil demi masa depannya. Kenapa ?

Yuk kita simak sekilas manfaat ASI untuk masa depan buah hati kita.  ASI adalah nutrisi pertama yang harus kita berikan untuk si kecil saat ia hadir pertama kali di dunia barunya. Dikutip dari berita detik health “Pemberian makan pada bayi baru lahir WHO menyarankan agar bayi usia 0-6 bulan hanya diberi ASI saja”.  Hal ini dikarekan sistem encernaan dalam tubuh bayi belum sempurna seperti kita.

Baca juga: Kamu yang sibuk, coba baca ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu agar lebih produktif

Kandungan di dalam Air Susu Ibu (ASI) adalah protein, gula, dan lemak yang di butuhkan oleh bayi kita untuk nutrisi tubuhnya. Selain itu ASI juga mengandungantibodi, enzim, dan sel-sel darah putih. Zat zat tersebut dapat membantu melawan berbagi macam penyakit dan infeksi yang berguna bukan hanya pada saat menyusui saja, tetapi berguna juga saat Kita sudah berhenti menyusuinya. Saat Kita sedang dalam kondisi tidak fit misalnya flu ketika menyusui, hal itu tidak akan berpengaruh buruk untuk ASI yang kita hasilkan. Kenapa ? Karena ASI yang kita hasilkan mengandung antibodi yang berfungsi melawan kuman penyebab flu.
Di dalam usus manusia terdapat banyak bakteri, baik bakteri yang memiliki sifat baik ataupun jahat yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. ASI dapat memicu pertumbuhan bakteri baik yang di dalam usus bayi kita. Selain itu ASI juga mengandung prebiotik yang bermanfaat untuk bayi kita. Lalu bagaimana dengan bakteri jahat yang ada di usus bayi? Jangan khawatir mom ASI akan menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam usus bayi.

Sudah jelaskan manfaatnya ASI ternyata sangatlah banyak. Perlu kita tau bahwa Alloh yang Maha Penyayang ternyata telah menuliskan dalam surat yang diperuntukkan untuk kita mengenai perintah memberikan ASI pada buah hati kita.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyusui secara sempurna….”

( Al-Baqoroh: 233)

Setelah kita tau ternyata perintah dari Alloh ini memberikan banyak manfaat untuk buah hati kita, apakah kita masih berfikir ulang untuk tidak melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang ibu? Kesempatan untuk menanamkan sistem imun alami yang terbaik untuk buah hati kita hanya sekali. Yaitu saat ia masih bayi, dengan cara memberikan ASI kepadanya hingga 2 tahun. Semoga kita diberikan kekuatan untuk melakuan kebaikan yang ini ya muslimah 😊