Tubuh yang sehat tentu menjadi idaman setiap orang. Hanya ketika tubuh sehatlah, kita dapat beraktivitas dengan produktif.

Salah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat yaitu dengan memastikan sistem imun atau daya tahan tubuh selalu bisa bekerja dengan baik. Namun, pada kondisi tertentu sistem imun tidak bisa bekerja dengan semestinya. Hal inilah yang akan mengakibatkan tubuh mudah kelelahan atau mudah sakit di musim penghujan seperti saat ini.

Dengan tubuh mudah sakit, tentu akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu atau tertunda. Padahal kita sudah menyiapkan deadline untuk mengatur kesibukan kita agar bisa terselesaikan semua jadwal yang kita punya. Seringkali dadline yang padat akan membuat kita lupa untuk menjaga asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita.

Buah adalah makanan yang paling simpel untuk menjaga sistem imun kita, karena buah tidak menyulitkankan kita untuk memakannya. Kita tidak perlu repot-repot mengolahnya, cukup dengan dicuci atau dikupas kita langsung dapat memakannya. Buah yang paling mudah dan paling sering kita temu adalah jeruk, karena buah jeruk tidak mengenal musim. Salah satu kandungan yang yang dimiliki jeruk adalah vitamin C. Nih liat buktinya, kandungan vit C dalam jeruk ini termasuk tinggi loh :

Related image

Taukah kamu sistem imun merupakan protein yang diproduksi oleh tubuh dalam membantu melawan zat asing di dalam tubuh. Ketika seseorang sakit, tubuh akan menghasilkan antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Dan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kinerja antibodi atau sistem imunitas dalam tubuh ialah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh.

Vitamin C sangat ampuh dalam membentuk sistem imun yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan vitamin C tubuhnya tidak akan mudah terserang penyakit. Perlu kita tahu bahwa apabila terjadi gangguan pada sistem imun kita maka gejala yang muncul biasanya adalah timbulnya peradangan. Peradangan adalah salah satu respon pertama sistem imunitas terhadap infeksi. Sebagai contoh gejalanya adalah flu, pilek, infeksi telinga, kelelahan, dll.

Kalau sudah begini pasti terganggukan aktivitas kita? Yang jelas disela-sela kesibukan kita, kita harus cerdas dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Karena bentuk syukur kita terhadap yang menitipkan tubuh kita ini adalah menjaganya dengan baik dan memfungsikannya dengan optimal.

Buat mulimah disini yang sudah memiliki pasangan, jangan lupa bantu pasanganmu untuk menjaga kesehatannya ya. Minimal siapkan buah yang mengandung vitamin C untuknya 🙂